Category: Knowledge Management

  • 3 Gap Penyebab Kegagalan Quality Improvement

    Dulu Quality lebih focus pada pelanggan, hari ini Quality berbicara banyak kepentingan. Artinya system mutu yang baik didalamnya mempertimbankan multi aspek seperti nilai tambah bagi pelanggan, kepentingan internal, pengetahuan, resiko, lingkungan, bahkan sampai ke interested party. Tuntutan akan multi dimensi Quality di satu sisi tidak dibarengi dengan perubahan signifikan oleh organisasi sehingga program – program…

  • Posisi Pendidikan Dalam Sistem Sosial

    Kampus adalah bagian dari sistem social yang sering disebut sebagai knowledge society dan bercirikan: Mendasarkan segala keputusan kepada knowledge, Melakukan peningkatan kesejahteraan hidup (kehidupan yang lebih baik) melalui penciptaan (creation), penyebarluasan (dissemination) dan penerapan (application) Sebagai knowledge society yang berada dalam sistem sosial yang lebih besar, kampus berperan dalam menghasilkan manusia-manusia terdidik yang diharapkan memberikan…

  • Learning Curve (Kurva Belajar)

    Definisi Learning Curves (LCs) Learning curves (LCs) merupakan deskripsi matematis yang menjelaskan hubungan antara kinerja pegawai dengan pengulangan kerja yang dilakukan [1]. Penomena LCs pertama kali dilaporkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wirght, dimana terjadi peningkatan jumlah produksi mencapai dua kali lipat dalam jumlah jam kerja yang sama [2]. LCs dinyatakan dalam model matematik sebagai…

  • Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Agen (ABMS)

    Menurut Wang (2009) dalam jurnal Decision Support System yang berjudul An Application of Agent-based Simulation to knowledge sharing disebutkan bahwa: Knowledge sharing melibatkan kompleksitas yaitu: Dalam KS terjadi interaksi antar aktor (manusia, proses, lingkungan,dll) yang melakukan adaptasi dengan lingkungan Terjadi dalam proses yang dinamis dimana tujuan tercapai melalui adaptasi dari setiap aktor dimana setiap aktor…

  • Mempertanyakan Job Analysis

    Kebetulan semester ini (Genap 2014/2015) saya diamanahi mengajar mata kuliah Sistem MSDM di Prodi S1 Teknik Industri Universitas Telkom. Mata kuliah yang saya ampu tersebut, dibagi dalam 5 Modul yaitu : Modul 1 : HR Strategy. Fokus utama pada modul ini adalah menjawab pertanyaan apakah pengelolaan HR yang dilakukan sejalan dengan strategy perusahaan. Mengapa harus…

  • Esensi Knowledge Management

    Nonaka (2008), dalam Managing Flow – A Process Theory of Knowledge-Based Firm menyebutkan bahwa salah satu karakteristik dari Knowledge adalah “ Knowledge is Aesthetic “ yang berarti bahwa pengetahuan dihasilkan dari sebuah kepercayaan (belief), dan untuk menjadi sebuah pengetahuan, maka kepercayaan tersebut harus dapat dijustifikasi sebagai sebuah kebenaran (truth). Ini berarti pengetahuan (knowledge) hadir berdasarkan…